Manfaat Pohon Pule Tanaman Obat Kaya Khasiat!

Bukan sekedar pohon biasa, ini dia sederet manfaat pohon pule  bagi kehidupan manusia. penasaran apa saja? Temukan jawabannya di ulasan berikut ini.

manfaat pohon pule dan khasiat pohon pule

Semula manfaat pohon pule memang lebih dikenal sebagai tanaman obat yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Namun seiring berkembangnya waktu ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan, jika menanam pohon pule di lingkungan sekitar. Bahkan sebagian orang menjadikan pohon pule sebagai sumber mata pencariannya. Karena manfaat pohon pule yang bisa disulap menjadi satu barang yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Namun sebelum menjelaskan apa saja manfaat pohon pule bagi manusia. Ada baiknya Anda juga perlu memahami dulu, seperti apa dan bagaimana karakteristik pohon pule itu sendiri. Selengkapnya berikut informasinya. 

 

Sejarah pohon pule

pohon pule

Sebagai tanaman yang tumbuh subur dan mudah ditemukan di Indonesia. Pohon pule banyak ditemukan di daerah yang memiliki ketinggian sekitar 1300 meter. Terutama di daerah Jawa dan Kalimantan. Namun mengingat manfaat pohon pule yang kaya khasiat. Persebaran pohon pule pun kian meluas ke seluruh penjuru dunia. 

Bicara pertumbuhannya, pohon pule bisa mencapai tinggi maksimal sekitar 40 m bahkan bisa mencapai 60 m jika berada di habitat aslinya. Mengingat bentuknya yang cukup tinggi dan rimbun dengan dedaunan yang menggerombol. Tidak sedikit yang menjadikannya sebagai tanaman peneduh untuk penghijauan lingkungan. 

 

Karakteristik dan ciri pohon pule

Begini karakteristik dan ciri pohon pule sebenarnya dari sisi morfologi nya. 

manfaat pohon pule sebagai tanaman hias dan khasiat pohon pule

 

Akar pohon pule

Ciri pohon pule satu ini memang tidak banyak diperhatikan. tapi sekedar informasi akar pohon pule termasuk jenis akar tunggang. Dimana akar utama yang tumbuh dari biji, tegak ke bawah dan dari akar tersebut keluar cabang akar. 

 

Daun pohon pule

manfaat pohon pule dan khasiat pohon pule yang tak banyak tahu

Daun pohon pule memiliki corak warna berbeda pada bagian atas maupun bawahnya. Pada bagian bagian bawahnya berwarna hijau pucat keabu-abu seementara semakin keatas warna daun pohon pule berubah menjadi hijau tua dan sedikit mengkilap jika dilihat dari kejauhan. Namun jika diamati lebih dekat, permukaan bawah daun ini berwarna agak buram, cenderung tipis tapi juga tapi kuat. Dengan bentuk daun yang beragam, ada yang lonjong sampai berbentuk bulat telur. 

 

Batang pohon pule

Ciri pohon pule paling khas bisa dilihat dari tampilan batangnya. Dimana kulit batang pohon pule berwarna coklat pucat, dengan tekstur licin, dan sedikit bersisik.

 

Bunga pohon pule

khasiat pohon pule dan manfaat pohon pule dari bunga

Berbeda dengan jenis pohon lainnya. Bunga yang biasa bermekaran di Bulan Oktober ini. Memiliki aroma wangi manis yang menenangkan. Sehingga ga heran jika sebagian orang memanfaatkannya sebagai bahan dasar parfum atau minyak essential. Sementara untuk bentuknya, bunga pohon pule berupa malai rata, yaitu bunganya keluar di ujung cabang atau pada ketiak daun. 

 

Baca juga : Macam Macam Pohon Palem Hias Untuk Dekorasi Taman!

 

Khasiat dan manfaat pohon pule yang beranekaragam

khasiat pohon pule dan manfaat pohon pule dari buah

 

Manfaat pohon pule untuk kesehatan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Sejak dahulu kala manfaat pohon pule memang kerap kali dijadikan bahan ramuan alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Berikut deretan manfaat pohon pule untuk kesehatan 

  • Menyembuhkan diare dan meredakan rasa mual 
  • Mengobati Luka bernanah 
  • Meredakan pembengkakan
  • Ampuh mengatasi dan mengurangi nyeri sakit gigi  
  • Mengobati Penyakit malaria 
  • Alternatif pengobatan kanker 
  • Menurunkan berat badan
  • Menstabilkan kolesterol dalam darah 
  • Meredakan demam 

 

Baca juga : Khasiat Pohon Pule Sebagai Obat & Cara Mudah Mengolahnya

Sebagai penghijaun lingkungan

Sama seperti pohon palem. Manfaat pohon pule juga kerap kali digunakan untuk mendukung penghijauan lingkungan. Ga heran jika keberadaanya mudah sekali ditemukan di beberapa taman kota misalnya. Apakah Anda pernah menjumpainya juga?

Memiliki bentuk fisik yang tinggi menjulang. Lengkap dengan dedaunan yang rimbun  dan terlihat menyejukkan. Pohon pule juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman peneduh yang bisa membuat suasana lingkungan makin segar dan menenangkan. Ga dipungkiri, kemampuan pohon pule meningkatkan kadar oksigen di udara sekaligus menyerap berbagai polutan. Terbilang efektif untuk memperbaiki kualitas udara. Sehingga tak ayal, hanya memandang pohon pule yang terlihat rimbun menghijau dari kejauhan saja. Dianggap efektif meredakan stress dan menciptakan suasana batin yang damai bagi siapapun yang melihatnya. Ga percaya? coba saja berteduh di bawahnya dan rasakan sensasinya. 

 

Sebagai tanaman hias

Disamping cocok untuk penghijauan lingkungan. Manfaat pohon pule juga sering digunakan sebagai tanaman hias untuk mempercantik tampilan hunian rumah Anda. Bentuknya yang besar dan tinggi menjulang. Sangat cocok untuk membangkitkan suasana asri dan menyejukkan sekaligus memberikan kedamaian di lingkungan rumah. Jika ingin tampilannya lebih cantik, Anda juga bisa menyulap tampilan pohon pule menjadi bentukan bonsai. lengkap dengan lekukan lekukan batang yang sarat akan keindahan seni. 

 

Tanaman favorit di Industri perabotan

Dalam dunia Industri, batang pohon pule juga kerap dijadikan tanaman favorit untuk membuat perabotan rumah tangga yang berbahan dasar kayu. Seperti meja, lemari, kursi dan sejumlah furniture lainnya.Namun ga hanya itu, rupanya manfaat pohon pule juga kerap dijadikan sebagai bahan ukir berbagai kerajinan. Karena tekstur batang pohon pule yang tidak terlalu keras jika dibanding dengan jenis pohon lainnya. Sehingga mudah dibentuk menjadi beragam perkakas yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Ga heran jika sebagian orang menyebut pohon pule sebagai pohon gabus. 

 

Bunga pohon pule bisa jadi bahan parfum alami

Ga dipungkiri, aroma bunga pohon pule yang khas dan menenangkan. Membuat manfaat pohon pule juga kerap dijadikan bahan dasar parfum atau minyak essensial oil alami lho! Apakah Anda pernah mencobanya? 

 

Bisa diolah jadi pewarna alami

Selain bisa dijadikan bahan dasar parfum. Siapa sangka manfaat pohon pule bisa diolah menjadi pewarna alami. Yang sangat cocok untuk mempercantik tampilan makanan ataupun menambah warna pada kain pakaian. Mengingat warna kuning yang dihasilkan kulit batang pule ga hanya cerah tapi juga cukup natural. 

 

Nah itu dia sederet manfaat pohon pule yang bisa Anda pertimbakan sebagai pelengkap taman, Jika Anda tertarik mendapatkan pohon pule tanpa perlu susah payah menanamnya dari awal, Anda bisa langsung memesan pohon pule yang sudah dewasa. Untuk langsung dipindahkan ke pekarangan lewat sini!

 

Leave a Comment