Kegunaan Pohon Pule Yang Sering Jadi Pilihan Penghijauan

Bukan saja meneduhkan! Kegunaan pohon pule juga memiliki peran peting bagi lingkungan. Mau tahu apa saja kegunaan pohon pule yang sering jadi pilihan untuk penghijauan kota? Yuk temukan jawabannya di ulasan berikut!!

kegunaan pohon pule manfaat pohon pule dan khasiat pohon pule

Sudah bukan rahasia umum lagi, jika kondisi bumi saat ini memang tengah tidak baik baik saja. Ga dipungkiri efek pemanasan global yang berkepanjangan. menjadi masalah yang cukup serius karena berkaitan dengan kelangsungkan hidup generasi penerus kellak kedepannya

Melihat kondisi lingkungan yang sudah rusak parah. Ga heran jika kini banyak muncul gerakan peduli lingkungan yang menggalakkan penghijauan. Terutama di area pemukiman padat penduduk yang minim sekali daerah resapan. Dengan kondisi udara yang kotor dipenuhi kepulan asap kendaraan, pabrik yang rentan sekali membahayakan kesehatan.

JIka saat ini Anda mempunyai konsen terhadap lingkungan dan  tengah merencanakan agenda penghijauan. Sebenarnya ada banyak sekali jenis pohon yang bisa dijadikan pilihan. Namun jika Anda menginginkan pohon peneduh yang ga hanya cocok untuk penghijauan. Tapi juga banyak khasiat dari berbagai aspek kehidupan yang beragam. Anda bisa banget mencoba kegunaan pohon pule sebagai pilihan.

Namun sebelum mengulas apa saja kegunaan pohon pule dalam penghijauan. Ada baiknya Anda juga mengetahui dahulu syarat jenis pohon yang bisa dijadikan tanaman penghijauan. berikut informasinya. 

kegunaan pohon pule manfaat pohon pule sebagai tanaman hias dan khasiat pohon pule

 

Syarat jenis pohon yang bisa dijadikan tanaman penghijauan

kegunaan pohon pule

Meski Indonesia memiliki keanekaragaman pepohonan yang berbagai macam. Realitanya, ga semua jenis pohon bisa masuk dalam kriteria tanaman yang layak untuk reboisasi dan penghijauan lingkungan kota. Berikut kriteria jenis tanaman ideal yang sering dijadikan media reboisasi dan penghijauan. Diantaranya, 

  1. Memiliki kemampuan adaptasi yang baik terhadap sinar matahari 
  2. Laju pertumbuhan tinggi, bisa bersaing dengan alang alang dan gulma
  3. Daya reproduksi tanaman tinggi. Pohon mudah bertunas sekalipun pernah terancam terbakar dan mengalami kerusakan ringan akibat penenabangan liar oleh orang orang yang tidak bertanggug jawab. 
  4. Perawatan mudah, serta mampu bertahan hidup meski kondisi tanah miskin hara dan tahan panas akibat kekeringan. 
  5. Perkembangbiakan mudah, dengan melalui biji atau bagian vegetatif yang mudah diperoleh dan mudah disimpan
  6. Mampu menyimpan kadar air yang tinggi saat musim penghujan. Karena diharapkan bisa dadi penahan air yang optimal demi menjaga lingkungan. Terutama di daerah perkotaan yang rawan kebanjiran.
  7. Sebaiknya pilih tanaman yang rindang dan bisa  memberikan kesejukan Dan akan lebih baik jika pohon menghasilkan bunga sehingga membuat keindahan.Agar bisa memanjakan mata bagi siapapun yang melihatnya. Apalagi jika peletakannya berada di area publik seperti taman atau sepanjang jalan area perkotaan. 
  8. Jika penanaman pohon akan dilakukan di pinggir jalan. Sebisa mungkin pilih jenis tanaman yang tidak memiliki buah yang terlampau besar sekaligus ranting yang tidak mudah tumbang agar tidak membahayakan pengguna jalan Ga hanya itu saja, Pohon yang dipilih juga harus dipastikan tidak memiliki akar yang besar dan cepat tumbuh, dengan tidak merusak konstruksi jalan

 

Baca juga : Manfaat Pohon Pule Tanaman Obat Kaya Khasiat!

 

Kegunaan pohon pule untuk sering jadi pilihan untuk penghijauan

kegunaan pohon pule khasiat pohon pule dan manfaat pohon pule penghias jalan
Meningkatkan kadar oksigen lingkungan

Dikenal sebagai tanaman yang kerap digunakan dalam gerakan reboisasi dan penghijauan. Sama seperti manfaat pohon lainnya.Kegunaan pohon pule juga dianggap mampu meningkatkan kadar oksigen dalam lingkungan. Sehingga bisa menciptakan suasana jadi lebih sejuk dan menenangkan. 

 

Meningkatkan kualitas udara

Bukan saja dikenal sebagai tanaman penghasil kadar oksigen yang cukup tinggi. Kegunaan pohon plaem juga dinilai baik untuk meningkatkan kualitas udara, Karena kemampuannya yang andal dalam menyerap berbagai polutan. Sehingga suasana udara pun jadi lebih bersih dan segar tentunya. Ga hanya itu, memandangi daun  pohon pule yang terlihat rimbun menghijau dari kejauhan. Juga bermanfaat meredakan stress dan menciptakan suasana batin yang damai bagi siapapun yang melihatnya. Apakah Anda pernah mencobanya?

 

Mengurangi dampak pemanasan global

Sejalan dengan kegunaan pohon pule untuk mengurangi berbagai polutan yang mengudara. Manfaat menanam pohon pule sebagai penghijauan juga bisa mengurangi dampak pemanasan global. Serta memperlambat penipisan  lapisan ozon yang kini sudah mencapai level terparah sepanjang sejarah kehidupan manusia. 

 

Mencegah bencana banjir

Kegunaan pohon pule juga dikenal baik sebagai media penyerapan air. Yang baik untuk menjaga keseimbangan lingkungan. Ga dipungkiri, kemampuan pohon pule menyimpan kadar air tanah memiliki peran penting dalam pencegahan banjir. Terutama saat musim penghujan di daerah perkotaan yang minim sekali area penghijauan. 

 

Baca juga : Khasiat Pohon Pule Sebagai Obat & Cara Mudah Mengolahnya

 

Memiliki cabang dan ranting yang kokoh

Selain baik untuk meningkatkan kualitas udara. Kegunaan pohon palem juga sangat cocok sebagai pilihan penghijauan. Karena memiliki cabang dan ranting yang kokoh. Sehingga tidak membahayakan bagi siapapun yang sedang berteduh di bawahnya. 

 

Mengundang burung – burung berdatangan

Sebagai tanaman peneduh yang menghasilkan buah buahan. Kegunaan pohon palem juga bisa menjadi tempat tinggal dan mengundang burung yang berdatangan. Sehingga sangat baik untuk menjaga kelestarian satwa – satwa yang mempunyai peran penting dalam menjaga sistem ekologi lingkungan.

 Dan akan lebih menyenangkan Terutama jika kegunaan pohon pule sengaja ditanam di area taman kota. Sudah tentu selain tampilannya Indah, kicauan burung – burung yang hinggap di pepohonan yang merdu bersaut sautan terdengar sangat menenangkan. 

 

Mempertegas arah jalan

Jika ditanam di pinggir jalan. Kegunaan pohon pule bukan saja membuat suasana jalanan jadi lebih teduh dan menyejukkan. Tapi juga bisa mempertegas arah jalan, yang mempermudah pengguna jalan untuk menemukan lokasi tujuan. Apalagi jika sistem jalannya searah ataupun di daerah yang dipadati bangunan. 

 

Sebagai media pembelajaran

Sebagai pohon yang sering digunakan sebagai pendukung upaya penghijauan. Ga dipungkiri, keberadaan pohon pule mudah sekali di sepanjang dalan maupun di berbagai tanaman kota. Siapa sangka kegunaan pohon pule bukan saja bermanfaat bagi lingkungan. Tapi juga bisa dijadikan media pembelajaran anak anak di Taman. Mengingat kegunaan pohon pule sendiri yang beraneka ragam. Sebagai bahan dasar obat obatan, bahan baku kerajinan, perabotan bahkan manfaat buah pohon pule bisa dijadikan aromaterapi yang wangi dan menenangkan saat bersamaan. 

 

Nah itu dia sederet kegunaan pohon pule yang sering dijadikan pilihan untuk penghijauan. Kini Anda bisa menemukan beragam pohon pule dengan mudah dari yang masih bibit atau yang sudah dewasa. Tidak perlu repot mencarinya di tempat lain, karena kini Anda juga bisa lebih mudah mendapat beragam pilihan pohon pule dan pohon penghijauan lainnya disini!

 

Leave a Comment