5 Ciri Khas Pohon Lo han sung

Banyak yang mendambakan suasana depan halaman rumah atau taman di rumah menjadi sejuk dan menyegarkan, maka memelihara tanaman hias menjadi salah satu pilihan banyak orang.

Ada banyak tanaman hias di Indonesia salah satunya pohon lo han sung yang menjadi tanaman hias yang cukup unik. Hal ini karena banyak yang menanam pohon lo han sung yang menyerupai pohon perindang besar namun sering kali di taman menjadi tanaman bonsai.

Tanaman lohansung memiliki ciri khas sendiri dan  mudah untuk dikenali. Tanaman hias satu ini  banyak diburu dibuat menjadi hiasan, selain itu harga dari pohon ini juga cukup mahal.

Keindahan dan keunikan Pohon lo han sung (sumber : acara.id)

Ciri Khas Pohon lo han sung yang mudah dikenali

Tanaman hias lohansung ini secara taksonomi  memiliki bahasa latin Podocarpus macrophyllus  dan masuk dalam genus Podocarpus dan famili Podocarpaceae.

Tanaman unik ini berasal dari Cina dan Jepang. Banyak sebutan untuk tanaman hias satu ini. di Negara asalnya Jepang lohansung juga disebut dengan inumai dan kusamaki. Sedangkan di Negara Cina disebut dengan arhat pine atau louhan song.

Sedangkan di indonesia sebutan untuk tanaman ini lebih mengarah dengan nama Cina namun masuk dalam serapan bahasa Indonesia

Tidak hanya itu saja, dalam bahasa inggris tanaman lohansung juga dikenal dengan berbagai nama yaitu yew plum pine, fern pine, dan buddhist pine. 

Baca juga: Keindahan pohon bonsai lohansung

Selain itu tanaman pohon lo han sung ini juga mempunyai beberapa jenis yang memiliki ciri khas masing-masing. Seperti pohon lohansung mutiara  dan pohon lohansung biru yang banyak dipilih menjadi tanaman hias.

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah ciri khas pohon lo han sung yang bisa menjadi referensi Anda ketika memilih tanaman hias untuk rumah Anda.

Bentuk Pohon Lohansung

ciri khas pohon lo han sung
Bentuk Pohon Lohansung (sumber : olx.co.id)

Apabila dilihat sekilas tanaman lohansung ini mempunyai pola  yang sama dengan pola pohon  cemara namun ada perbedaan dengan jelas pada pola daunnya.

Pohon lo han sung mempunyai  bentuk pohon yang kokoh dan dapat hidup pada segala iklim.

Tanaman hias ini memiliki ukuran kecil hingga sedang bahkan bisa tumbuh sampai 20 meter. 

Kita bisa menemukan tanaman hias ini pada dataran rendah dengan ketinggian 10-100 mdpl di alam liar. 

Bentuknya  yang unik dan antik serta bisa bertahan di semua iklim inilah yang menjadikan tanaman hias ini banyak diburu penghobi tanaman hias di seluruh dunia.

Bentuk Daun lo Han sung

ciri khas pohon lo han sung
bentun daun pohon lohansung (sumber ciriciripohon.com)

Tanaman lohansung ini memiliki bentuk daun yang menyerupai kapsul dengan panjang 0,5 – 15 cm dan lebar sekitar 1 cm, dengan bagian ujung yang sedikit lancip atau runcing. Ukuran daun lohansung akan bertambah besar seiring lamanya tanaman tersebut hidup.

Daun lohansung yang memanjang juga memiliki garisan tulang tengah yang menonjol. Pohon ini akan terlihat bagus saat dicangkok dan dibuat bonsai dengan daun-daunnya yang rimbun.

Bentuk Batang Tanaman Lohansung

ciri khas pohon lu han sung
Bentuk Batang Lu Han Sung (sumber: inaturalist.org)

Bentuk batang pohon lo han sung ini sangat mirip seperti pohon cemara dan pohon pinus Mulai dari warna batangnya yang coklat tua dan gelap dengan tekstur kasar yang timbul.

SUlit untuk melihat ujung batang tanaman ini, hal ini karena daunnya yang sangat rimbun. Namun ini merupakan daya tarik tersendiri dari tanaman hias satu ini.

Selain memiliki nilai ekonomis yang menjanjikan karena keindahannya dijadikan tanaman bonsai, kayu dari pohon lohansung juga bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi. 

Di Jepang dan Hongkong kayu pohon lohansung memiliki harga yang cukup tinggi, karena digunakan sebagai bahan rumah kayu dengan nilai keindahan dan kualitas yang tinggi.

Bentuk Akar Pohon Lo Han Sung

ciri khas pohon lo han sung
akar pohon lo han sung (sumber : tokopedia)

salah satu ciri khas dari pohon lo han sung, akarnya yang sangat kuat dan bisa menjalar ke seluruh tanah di sekitarnya. Ini membuat pohon lohansung tidak mudah tumbang. 

Selain itu akar tanaman lohansung semakin besar dan kuat sesuai dengan usia tanamannya, Akarnya pun juga akan keluar tanah ketika penyebaran dalam tanah tidak bisa dilakukan.

Baca juga : Update Harga Pohon Lohansung 2022

Buah Pohon Lo han sung

ciri khas pohon lo han sung
buah pohon lohansung (sumber -bibitbunga.com

Buah yang tumbuh pada pohon lohansung juga tak kalah cantik dari daunnya. Buah lohansung tumbuh di batang dengan bentuk kerucut. Buah lohansung memiliki sisik 2-4 buah, buahnya juga memiliki lubang 1 atau dua dan terdapat biji di dalamnya.

Biji dari buah merupakan biji apikal dengan ukuran 10-15 mm. Selain itu sisik dari buah ini akan berkembang dan berubah warna ungu kemerahan saat matang.

Pohon Lo han sung memang memiliki ciri khas yang cukup unik dan menarik, terutama untuk Anda yang masih asing dengan jenis tanaman hias satu ini. Apakah ada tanaman hias yang memiliki ciri khas unik selain tanaman ini?

Baca juga : Rekomendasi 7 Pohon Peneduh Adem untuk Depan Rumah

Apakah Anda mencari referensi  tempat jual pohon lohansung terpercaya  dan termurah Hubungi 081270753975 atau Anda bisa klik saja disini!

Leave a Comment