6 Cara Menentukan Bibit Pohon Tabebuya Terbaik

Proses memilah dan menentukan bibit pohon tabebuya yang akan Anda tanaman menjadi salah satu faktor penting agar bisa berhasil dalam menanam pohon tabebuya di taman atau pekarangan Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua bibit tanaman yang di jual di pasaran bisa tumbuh menjadi pohon tabebuya yang unggul dan berkualitas.

Untuk bisa mendapatkan pohon tabebuya yang  unggul  bisa menali dari beberapa faktor salah satunya dari pertumbuhan dan terus berkembangnya tanaman ini, kecepatan masa pembungaan dan juga ketahanan dari hama dan penyakit.  Dalam menentukan bibit pohon tabebuya terbaik kita harus memperhatikan karakteristik pohon tabebuya dan juga tempat di mana tempatnya di tanam. 

Beberapa hal ini bisa menjadi referensi Anda untuk menentukan bibit pohon tabebuya unggulan untuk Anda tanam.

Cara Paling Efektif Menentukan Bibit Pohon Tabebuya

1. Lihat daun bibit pohon tabebuya dengan teliti

bibit pohon tabebuya
sumber – flamboyanasri

salah satu cara paling mudah untuk memilih bibit pohon tabebuya terbaik Anda bisa memperhatikan daun bibitnya. Apakah daunnya terlihat sehat atau tidak. Untuk mengetahui apakah daunnya sehat bisa dilihat dari kecerahan daunnya, berwarna hijau cerah dan pada bagian pucuk daun berwarna hijau kemerahan

Baca juga : Rahasia Membuat Bibit Bunga Tabebuya Cepat Tumbuh Besar

Anda juga harus memastikan daunnya tidak menggulung. Jika Anda menemukan daun nya menggulung itu menandakan bahwa bibit tabebuya yang akan Anda beli tidak sehat. Jangan sampai Anda membeli bibit yang daunnya terkena hama dan terdapat bekas gigitan ulat.

2. Perhatikan keadaan batang bibit pohon tabebuya

bibit pohon tabebuya
sumber : shopee

Tidak hanya daun saja, namun Anda juga harus memperhatikan batang bibit pohon tabebuya.Untuk batang bibit tabebuya yang sehat tidak ada bekas sambungnya dan batang akan tumbuh tegak lurus tidak ada bengkokan.

 

Pilih juga bibit yang sudah ada cabangya, hal ini karena menandakan bahwa kondisi bibitnya baik dan sehat secara fisik. Selain itu jangan pilih bibit yang batangnya ada jamurnya karena ini bukan pertanda yang baik di awal. Bibit yang sehat akan tumbuh secara proporsional.

3. Lihat bentuk ranting bibit pohon tabebuya

bibit pohon tabebuya
sumber : flamboyanasri

Bibit tabebuya yang akan tumbuh subur bisa dilihat dari kondisi rantingnya. Jika rantingnya tumbuh sejajar dan merata maka kondisinya sehat dan menjadi pertanda seberapa banyak bunga yang akan nanti dihasilkan.

Rating pohon tabebuya yang baik  dan berpotensi untuk tumbuh subur bisa dilihat juga dari ujung ranting yang menguncup. 

4. Perhatikan akar bibit tanaman tabebuya

bibit pohon tabebuya
sumber : bonsaikita

Tentu akan cukup sulit memperhatikan dan memeriksa akar bibit pohon tabebuya, karena harus membongkar media tanam dahulu. Dan karena ini lah jarang yang memperhatikan kondisi akar bibit pohon tabebuya yang akan dibeli. 

Namun ada baiknya Anda memastikan dan memeriksa langsung kondisi akarnya tentu dengan persetujuan dari pen jual bibit tabebuya agar Anda bisa lebih yakin akan bibit yang Anda beli. Bibit tabebuya yang berkualitas akan memiliki akar serabut banyak dan mudah dilihat yang menandakan bahwa tanaman ini akan tumbuh subur.

5. Belilah biji bibit tabebuya 

bibit pohon tabebuya

Tidak ada salahnya membeli biji bibit tabebuya. Karena ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk Anda. Namun untuk memastikan biji bibit tabebuya yang berkualitas juga cukup sulit karena tidak ada ciri-ciri fisik yang terlihat.

Dan salah satu cara untuk mengetahui kualitas bibit biji tabebuya dengan merendamnya dalam air, jika biji tidak mengapung dan cenderung tenggelam itu menandakan biji yang berkualitas.

Jika ingin membeli biji tabebuya lebih baik membeli biji yang bersertifikat oleh pihak pertanian yang bersangkutan. ini untuk mengurangi resiko kegagalan tanam karena kondisi bibit tabebuya yang tidak baik.

Baca juga : 7 Perbedaan Pohon Tabebuya dan Pohon Sakura Yang Tidak Banyak orang Tahu

6. Beli bibit pohon tabebuya vegetatif

bibit pohon tabebuya

Jika membandingkan lebih  baik membeli dalam bentuk biji atau bibit lebih baik Anda membeli bibit tabebuya vegetatif. hal ini karena bibit tabebuya dengan teknik vegetatif akan lebih cepat berbunga daripada dengan bentuk biji atau bibit tabebuya generatif. Terutama jika Anda ingin pohon tabebuya yang tumbuh lebih cepat.

Nah sekarang Anda sudah tahu kan bagaimana menentukan dan memilih bibit pohon tabebuya terbaik. Selain mengetahui sendiri Anda juga bisa mempercayakan pen jual bibit pohon tabebuya yang terpercaya. Morninggarden.id adalah supplier bibit tabebuya berkualitas yang langsung dari petani.  Untuk berkonsultasi Anda bisa menghubungi team kami 081270753975 atau Anda bisa klik disini!

Baca Juga ;

Cara Menyelamatkan Bibit Pohon Tabebuya yang Kekeringan

Luar Biasa! Ini Potensi Bisnis Di Balik Budidaya Jual Pohon Tabebuya

Leave a Comment