Cara Menyelamatkan Bibit Pohon Tabebuya yang Kekeringan

Jika Anda menyukai suasana sejuk dan asri di halaman rumah Anda tentunya Anda akan memilih 1-2 tanaman yang akan ditanam. Dan salah satu pilihan yaitu menanam bibit pohon tabebuya.

Mempunyai tanaman bibit pohon tabebuya yang  sehat dan tumbuh subur, pasti jadi keinginan semuanya.

Akan tetapi pada kondisi tertentu menjadikan tanaman tidak sehat dan gejala kekeringan, bahkan layu. Keadaan ini tentu akan membuat Anda khawatir bukan? Terutama jika mengalami kekeringan hingga layu pada tanaman bibit pohon tabebuya kesayangan Anda.  Tanda-tanda bibit pohon tabebuya tidak sehat seperti hanya berbunga sekali dalam setahun, meski kondisi ini menjadi suatu hal yang umum terutama untuk tanaman baru.

Maka dari itu ini menjadi hal penting untuk Anda lakukan untuk menyelamatkan bibit pohon tabebuya Anda saat mengalami kekeringan dan bisa sehat tumbuh seperti semula

Tips Menyelamatkan Bibit Pohon Tabebuya dari Kekeringan

Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menyelamatkan bibit pohon tabebuya yang kekeringan yaitu sebagai berikut :

Periksa kondisi bibit pohon tabebuya dan media tanam

bibit pohon tabebuya
sumber – flamboyanasri

Pertama Anda harus periksa kondisi bibit pohon tabebuya  dan media tanamnya, Hal ini menjadi penting untuk mengetahui bibit pohon tabebuya mengalami kekeringan apa tidak jangan sampai terlambat dalam mendeteksi dan mengakibatkan bibit pohon tabebuya kekeringan hampir mati.

Berikan air secukupnya

bibit pohon tabebuya
sumber : inidata.id

Berikutnya berikanlah ari an secukupnya paa bibit pohon tabebuya. Salah satu penyebab bibit pohon tabebuya kekeringan karena kurangnya asupan air. Dan ini membuat bibit  tabebuya tidak bisa fotosintesis dan mengering. Maka dari itu hal yang tepat adalah memberikan air yang tepat.

Berikan sinar matahari yang cukup

bibit pohon tabebuya
sumber tester.co.id

Hal lain yang membuat bibit tabebuya kekeringan dan layu hingga mati selain karena kurangnya pengairan  yaitu kurangnya pencahayaan dan sinar matahari. Maka dari itu agar bibit  tabebuya bisa kembali optimal dengan memberikan pencahayaan yang cukup. Hal ini penting untuk proses fotosintesis agar tanaman bisa mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh.

Jadi jangan heran jika bibit  tabebuya akan kering layu dan bahkan bisa mati jika bibit  tabebuya  berada di tempat yang jauh dari sinar matahari.

Baca juga : Banyak yang mengira Bunga Sakura, Ini Sejarah Pohon Tabebuya

Pindah ke media tanam yang baru

bibit pohon tabebuya
sumber : seribukebun.org

Jika Anda akan menanam bibit tabebuya dan ingin bibit Anda tumbuh dan sehat salah satu cara kita bisa memindahkannya ke media  tanam yang baru.

Cara ini dikenal dengan repotting dan menjadi metode paling efektif. Hal ini karena bisa jadi media tanam sebelumnya mengandung jamur dan bakteri berbahaya jadi akan menyebabkan pertumbuhan bibit tabebuya  terganggu.

Pastikan bibit pohon tabebuya bersih dari hama dan penyakit

bibit pohon tabebuya
sumber : popmama

Salah satu hal yang banyak terjadi adalah adanya hama dan penyakit yang menyerah bibit  tabebuya. maka dari itu Anda harus rajin bersihkan bibit tabebuya. Cara membersihkan bibit tabebuya dengan cara sebagai berikut :

  • Potong bagian bibit  tabebuya yang ada gejala kekuningan
  • jika ada bagian yang membusuk segar potong kemudian buang
  • berikan larutan fungisida dan insektisida yang disemprotkan pada tanaman.

Baca juga :Budidaya Pohon Tabebuya Melalui Metode Stek Batang 

Simpanlah bibit pohon tabebuya dalam ruangan

bibit pohon tabebuya
sumber : sindonews

Salah satu yang menyebabkan bibit tabebuya layu dan mengering adalah karena paparan sinar matahari yang berlebih. Meski sinar matahari bagus namun jika terlalu berlebihan akan membuat bibit layu dan kekeringan.

Selain itu panas dari matahari juga akan membuat daun bibit  tabebuya terbakar dan mengering. Hal inilah yang menjadikan tanaman ini mengalami kematian. jadi pastikan untuk meletakan tanaman di tempat teduh seperti rumah atau greenhouse.

Berikan pupuk dan rawat dengan intens

bibit pohon tabebuya
sumber : kompas

Kekurangan unsur hara juga bisa menjadi penyebab kematian dari bibit tabebuya. Jika kekurangan unsur hara akan membuat bibit tidak bisa tumbuh optimal sampai krisis dan mati. jadi lebih baik rutin memberi pupuk dan merawat tanaman agar tetap terjaga baik. 

Dengan melakukan berbagai hal ini bisa menyelamatkan kehidupan bibit  tabebuya Anda dari kekeringan dan tumbuh kembali secara optimal. Yang paling penting untuk setiap tanaman bisa dirawat secara intensif akan berkembang secara optimal. 

Naah jika Anda sedang mencari bibit  tabebuya Anda bisa berkonsultasi dengan team kami dengan menghubungi 081270753975 atau Anda bisa klik disini!

Baca juga :

7 Perbedaan Pohon Tabebuya dan Pohon Sakura Yang Tidak Banyak orang Tahu

Leave a Comment