Luar Biasa! Ini Potensi Bisnis Budidaya Jual Pohon Tabebuya

“Potensi Bisnis Jual Pohon tabebuya Hingga Miliaran Juta Rupiah”

Semenjak viral di media sosial yang mana banyak daerah yang menanam pohon tabebuya dan merubah taman kota  menjadi seperti di Jepang yang ada bunga sakuranya pohon tabebuya menjadi banyak diburu, dan ini karena memang kecantikan dari warna-warni bunganya.

Tentu peluang ini tidak akan dilewatkan oleh pelaku jual beli tanaman yang ramai rami jual pohon tabebuya. Mulai dari bibit dan pohon banyak diburu.

Prospek bisnis jual pohon tabebuya

bLuar Biasa! Ini Potensi Bisnis Di Balik Budidaya Jual Pohon Tabebuya
sumber : reddit

Berdasarkan pengakuan pedagang tanaman terlebih pen jual pohon tabebuya jika permintaan bibit pohon tabebuya meningkat hingga 20% ketika berita tentang keindahan bunga tabebuya viral.

Permintaan ini datang dari berbagai kalangan mulai dari perusahaan, perorangan hingga pemerintah.  Ada yang yang beli untuk ditanam di rumah atau untuk proyek penghijauan.

Setiap bulan permintaan pohon tabebuya yang terjual sekitar 30-50 pohon. Jika dilihat dari lonjakan drastis permintaan pohon tabebuya ini tidak heran jika omzet pen jual pohon tabebuya meningkat secara signifikan.

 

Dapatkan bibit tabebuya berkualitas super

bisa klik disini!

Harga pohon tabebuya

Luar Biasa! Ini Potensi Bisnis Di Balik Budidaya Jual Pohon Tabebuya

Terkait harga pohon tabebuya beragam tergantung ukuran dan diameter pohonnya.

Pohon tabebuya dengan ukuran 1-1,5 meter harganya sekitar 100 ribu hingga  300 ribu per pohon. Sedangkan untuk  ukuran 2 – 3 meter bisa mulai 300 ribu sampai 500 ribu per pohon.

Dan harga paling mahal bisa mencapai 1 juta hingga 3 juta rupiah per pohon untuk pohon tabebuya yang tingginya di atas 4 meter dengan warna bunga merah muda cantik jika dilihat sekilas seperti bunga sakura.

Harga ini bisa bisa semakin mahal jika pohonya semakin tinggi, semakin besar diameter pohonnya.

Harga pohon tabebuya juga dipengaruhi oleh spesies pohon yang langka seperti pohon tabebuia Rosea. Untuk bunga tabebuya spesies ini  bisa mencapai 3 juta rupiah untuk yang tingginya 1- 1,5 meter. Dan pohon tabebuya  akan semakin mahal saat mendekati musim berbunga.

Baca juga : rekomendasi tempat jual pohon kamboja fosil

Keindahan pohon tabebuya yang meningkatkan potensi bisnisnya

Luar Biasa! Ini Potensi Bisnis Di Balik Budidaya Jual Pohon Tabebuya
sumber : pinterest

Tabebuya merupakan pohon yang masuk dalam kategori pohon peneduh dan memiliki bentuk bunga seperti terompet yang sering disebut dengan nama trumpet tree. Warna bunganya pun juga cukup bervariasi mulai dari warna merah, putih, merah muda,kuning, hingga ungu. Dan di Indonesia sendiri yang paling banyak ditanam adalah warna kuning dan merah muda.

inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari pohon tabebuya, Tampilan yang sangat mempesona dan indah saat musim bunga mekar, terlebih karena semua daun bakal rontok dan komposisi bunganya yang lebih menonjol maka tidak ayal semuanya terpesona oleh pohon satu ini  karena keindahannya mirip seperti bunga sakura.

Tidak hanya cantik saja namun pohon tabebuya juga memiliki banyak keunggulan lho.. salah satunya pohon tabebuya mudah beradaptasi di segala cuaca. Pohon tabebuya juga memiliki ketahanan hidup yang sangat bagus, pohon ini bisa tumbuh di kondisi kekeringan sekalipun dan berbagai macam jenis tanah, asalkan  masih dalam kawasan iklim tropis standart bukan kawasan yang ekstrim.

Baca juga : Cara Menyelamatkan Bibit Pohon Tabebuya yang Kekeringan

Cara Perawatan pohon tabebuya mudah dan sederhana

Luar Biasa! Ini Potensi Bisnis Di Balik Budidaya Jual Pohon Tabebuya
sumber : sarikebun.org

Dalam budidaya pohon tabebuya tidak sesulit pohon peneduh lain. Walau kuat dalam segala lingkungan baik kering dan lembab seperti Indonesia, namun kita juga haru merawatnya seperti rutin disiram dan dipupuk, hanya seperti itu perawatan penting yang rutin untuk dilakukan.

Dengan penyiraman yang rutin dua kali sehari terutama ketika pohon masih tinggi 1-6 meter. Jika lebih dari itu bisa di kurangi intensitas penyiramannya. Hal ini karena terlalu banyak air juga bisa menghambat pertumbuhannya. Dan ketika pohon tumbuh lebih dari 8 meter pohon tabebuya tidak perlu disiram lagi.

Untuk proses pemupukan pun hanya perlu  dilakukan saat  awal penanaman bibit. Tapi, jika Anda ingin tanaman tabebuya cepat tumbuh berbunga lebat, pemupukan bisa dilakukan rutin 3 bulan sekali.

Lebih baik awali pemberian pupuk yang terkandung unsur nitrogen tinggi agar membantu tabebuya membentuk tunas dan cabang baru. Kemudian, lanjut pemupukan fosfor agar merangsang pertumbuhan bunga.

Dan untuk pembibitannya sendiri bisa melalui biji. Caranya dengan ambil buah yang telah jatuh dari pohon  tabebuya kemudian buka kulitnya. Ambil biji buah tabebuya, keringkan di bawah terik matahari hingga kering  sepenuhnya. 

kemudian Simpan di tempat yang kering selama satu bulan. Berikutnya semai biji itu pada media campuran tanah dan pupuk organik perbandingan 1:1. Jika ada tunas yang tumbuh, pindahkan bibit tabebuya tersebut.

Ini informasi mengenai potensi bisnis dari jual pohon tabebuya yang populer. Selain indah, tanaman ini bisa jadi peluang usaha yang cukup menjanjikan karena berbagai kelebihannya. Tertarik untuk berbisnis jual pohon tabebuya?

Jika Anda ingin mendapatkan bibit pohon tabebuya untuk dibudidaya dan masih mencari di mana jual pohon tabebuya  Anda bisa konsultasikan kepada team kami dengan menghubungi 081270753975 atau Anda bisa klik disini!

Baca juga :Banyak yang mengira Bunga Sakura, Ini Sejarah Pohon Tabebuya

Leave a Comment