9 Rahasia Fakta Menarik Terkait Pohon Tabebuya

Beberapa saat lalu, Kota Surabaya viral di media sosial. Hal ini karena, kota Surabaya mendadak terlihat seperti Jepang. Banyak bunga warna-warni bermekaran dan gugur di jalanan seperti bunga sakura di Jepang.

Namun itu bukanlah bunga-bunga sakura seperti dikira orang-orang, namun bunga dari pohon tabebuya. Menarik bukan? seperti apa tabebuya ini? Berikut beberapa fakta menarik terkait pohon tabebuya.

1. Pohon tabebuya merupakan agresif

9 Rahasia Fakta Menarik Terkait Pohon Tabebuya

Berdasarkan cabi.org, pohon tabebuya dikenal sebagai jenis tanaman yang bisa tumbuh super cepat. Agar bisa mencapai tinggi empat meter, pohon tabebuya hanya butuh waktu 8-18 bulan saja. Jadi tidak heran, jika pohon tabebuya diklaim sebagai tanaman hias yang bisa menghasilkan bunga  indah dan melimpah dalam waktu singkat.

Tidak itu saja, tabebuya juga bisa bertahan hidup di berbagai kondisi baik  area lembab dan bersuhu tinggi, seperti di Daerah Asia, Afrika, dan Australia. Walaupun di Australia, pohon ini dianggap sebagai gulma.

2. Pohon tabebuya memiliki banyak nama 

9 Rahasia Fakta Menarik Terkait Pohon Tabebuya
sumber : shopee

Perlu diketahui juga bahwa tabebuya memiliki nama latin Tabebuia Heterophylla. Tanaman hias satu ini ini juga dikenal sebagai pohon terompet merah muda.

tabebuya juga merupakan  juga disebut kayu putih, cedar putih, tecoma, dan juga manjack merah mudah. Tabebuya Memiliki banyak sekali nama latin. Mulai dari Tecoma Leucoxylon, Raputia Heterophylla, dan juga Bignonia Leucoxylon.

3. Pohon tabebuya bisa digunakan sebagai pupuk

9 Rahasia Fakta Menarik Terkait Pohon Tabebuya
dinas pertanian

Banyak yang tidak menyangka bahwa kelebihan pohon tabebuya tidak hanya ada pada bunganya yang indah. Pohon ini juga bisa sebagai pupuk.

Cara membuatnya pupuk dari tanaman tabebuya cukup mudah. Anda tinggal mengumpulkan bunga-bunga tabebuya yang gugur  di tanah kemudian biarkan membusuk dalam beberapa hari. Setelah itu bisa langsung digunakan untuk menyuburkan kebun atau tanaman Anda.

Baca juga : Cara Memilih Bibit Pohon Tabebuya Bagi Pemula

4. Pohon tabebuya tanaman asli Hutan Amazon

Tau tidak bahwa tanaman hias ini merupakan tanaman asli hutan belantara Amazon  di Brazil. Tanaman ini termasuk dalam jenis pohon besar dan bisa tumbuh lebih dari empat meter.

Walaupun pohon satu ini pertama populer di daerah  Pasifik dan Samudera Hindia tahun 1999. Lebih tepatnya mulai populer dari Kepulauan Chagos dan Marshall, Hawaii.

5. Bunga tabebuya memiliki berkhasiat atasi sakit pankreas

Tidak banyak yang tahu, jika bunga tabebuya bisa digunakan menjadi teh, yang biasa disebut dengan teh lapacho. Racikan ini dari para penduduk asli Amerika, Suku Indian  yang membuat ramuan tradisional bernama lain teh inca.

Yang paling menarik, teh hasil ekstrak bunga tabebuya tidak mengandung kafein. Dan justru penuh vitamin dan mineral.  Berdasarkan jurnal kesehatan  menyebutkan jika teh dari bunga tabebuya bisa mengatasi masalah sakit pankreas. 

6. Kayu Pohon tabebuya  bisa  untuk perabotan rumah tangga

sumber : planterforest

selain kayu jati yang populer sebagai bahan perabotan rumah tangga, kayu pohon tabebuya ternyata juga cukup kuat untuk dijadikan furniture. Jadi jangan heran, apabila kayu tabebuya sering dijadikan lemari, lantai, atau material kapal.

7. Terdapat 25 jenis tabebuya yang teridentifikasi

Tanaman tabebuya tersebar ke beberapa penjuru dunia, seperti Asia sampai Afrika dan sudah ada 25 spesies asli dan lebih dari 100 spesies variasi tabebuya. Kebanyakan, bunga tabebuya mempunyai bentuk yang mirip jadi sedikit sulit untuk dibedakan setiap jenisnya.

8. Tabebuya perlu diawasi pertumbuhannya meskipun tidak berbahaya

 Berdasarkan jjurnal Pacific Islands Ecosystems at Risk jika, tabebuya bukan  tumbuhan yang berbahaya untuk lingkungan sekitarnya.

Akan tetapi mengingat ini mudah tumbuh, banyak orang takut apabila tabebuya merambat dan merusak ekosistem di sekitarnya. Maka dari itu laju pertumbuhan tabebuya tetap diperhatikan dan dijaga.

9. Bunga tabebuya Punya warna beragam

Apabila dilihat dari berbagai foto di Internet, Anda bisa tahu jika ada berbagai warna tabebuya bermekaran. Dari merah muda, kuning emas, ungu, hingga putih. Dan setiap- warna mengindikasikan spesies tabebuya yang berbeda.

Itulah fakta menarik tentang pohon tabebuya, menarik sekali bukan? Apakah Anda ingin menanam pohon tabebuya di halaman atau pekarangan Anda?

Jika Anda berencana menanam pohon tabebuya Anda bisa percayakan bibit tabebuya unggulan kepada morninggarden.id. Anda bisa juga konsultasi terlebih dahulu dengan team ahli kami dengan menghubungi 081270753975 atau Anda bisa klik disini!

Leave a Comment