Budidaya Pohon Tabebuya Melalui Metode Stek Batang

Apakah Anda ingin suasana rumah menjadi lebih sejuk, asri dan alami? Mungkin Budidaya pohon tabebuya bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Karena pohon peneduh ini selain akan menyejukan rumah Anda Juga akan menampilkan pemandangan yang indah dari bunga-bunga yang  bermekaran. Apalagi jika bunga tabebuya akhir-akhir ini menjadi salah satu tanaman yang cukup populer karena banyak kota di Indonesia yang menanamnya di tepi jalan kota.

Selain indah pohon tabebuya juga merupakan tanaman yang sangat mudah tumbuh dan mudah mekar. Jika Anda menanam di pekarangan rumah tidak perlu waktu lama juga untuk menikmati keindahan bunga yang bermekaran dari pohon tabebuya.

Selain menanam untuk keindahan rumah tidak ada salahnya juga Anda budidaya pohon tabebuya, karena potensi bisnis dari pohon ini sangat baik. Dan salah satu metode yang terkenal dan banyak direkomendasikan untuk budidaya pohon tabebuya menggunakan metode stek batang 

Budidaya Pohon Tabebuya dengan Stek Batang

Budidaya Pohon Tabebuya Melalui Metode Stek Batang
sumber : trotropical.com

Walaupun terlihat mudah, stek batang perlu beberapa alat dan bahan yang mendukung  prosesnya supaya hasilnya seperti yang diinginkan. Dan peralatan tersebut adalah :

  • Batang pohon tabebuya tua
  • Fungisida
  • Cocopeat
  • Zat perangsang tumbuh
  • Kantong plastik
  • Gelas plastik bening

Baca juga : 9 Rahasia Fakta Menarik Terkait Pohon Tabebuya

Langkah Budidaya Pohon Tabebuya Dengan Metode Stek Batang

Jika semua peralatan dan bahan sudah ada, kemudian bisa  proses penyetekan batang pohon tabebuya. Lakukanlah langkah-langkah berikut ini agar sukses dalam budidaya pohon tabebuya :

Tentukan batang pohon tabebuya dengan sesuai

Budidaya Pohon Tabebuya Melalui Metode Stek Batang
sumber : flamboyansari

Material utama dalam proses ini tentu batang atau cabang pohon tabebuya. Maka dari itu Anda perlu batang tanaman yang bagus dan tepat. Batang yang tepat harus cukup tua dan kondisi sehat serta berdiameter minimal 1 cm.

Baca juga : Cara Menyelamatkan Bibit Pohon Tabebuya yang Kekeringan

Potonglah batang pohon tabebuya

Budidaya Pohon Tabebuya Melalui Metode Stek Batang
sumber : penjaskes.co

Jika sudah menemukan batang yang tepat potonglah bagian tersebut dengan gunting taman, sabit, atau cutter yang  tajam. Pastikan agar hasil potongan itu rapi dan tidak berserabut.

Bersihkan batang pohon yang akan digunakan

kemudian bersihkan potongan batang tabebuya dari daun yang tumbuh di sekitar batang tersebut. jika perlu sisakan 3 helai daun saja dan bagian pucuknya. ini bertujuan untuk mengurangi penguapan. Jika penguapannya  tinggi, maka batang yang dipotong malah akan mengering.

Persiapkan fungisida

Budidaya Pohon Tabebuya Melalui Metode Stek Batang
sumber : swadayaonline

Selain itu siapkan juga fungisida dengan bahan kimia khusus untuk mengusir jamur dan cendawan. Umumnya, batang pohon yang baru dipotong akan rentan diserang  jamur dan cendawan. Jadi berilah fungisida tepat pada di bekas potongannya.

Berikan zat perangsang tumbuh

Setelah fungisida, berikutnya Anda juga harus berikan zat perangsang tumbuhan secukupnya dalam mangkuk kecil. Yang kemudian masukkan potongan batang tabebuya dalam mangkuk tersebut. Kemudian diamkan beberapa saat sampai batang ini menghisap zat perangsang tumbuh selama 15-30 menit.

Letakan batang stek ke dalam media tanam

Cara budidaya pohon tabebuya dengan stek berikutkan siapkan media tanam terbaik yaitu cocopeat. Hal ini karena batang tanaman yang ditanam di cocopeat bis lebih cepat tumbuh dan bisa terhindar dari serangan hama. Terutama jika Anda memakai cocopeat steril. 

Baca juga : 

Tancapkan batang stek pohon tabebuya  pada cocopeat

Berikutnya tanam batang pohon tabebuya ke dalam media tanam cocopeat dengan cara menancapkannya sampai 2-3 cm.  Pastikan jika batang tabebuya bisa berdiri sendiri secara tegak. Kemudian pasang kantong plastik bening untuk menutupi batang dan mengurangi tingkat penguapannya.

Jaga asupan air dan sinar matahari

Budidaya Pohon Tabebuya Melalui Metode Stek Batang
sumber : tester.co.id

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan maka tinggal meletakkan tanaman di tempat teduh. jada stek tabebuya untuk tidak terkena sinar matahari secara langsung  ini untuk menjaga kelembaban. selain itu Anda juga harus menyiramnya 2-3 hari secara rutin. 

Lihat pertumbuhan daun dan akar

Setelah semua sudah dilakukan Anda harus rawat batang pohon tabebuya yang sebaik mungkin. Jika ada bagian tunas pucuk daun tetap segar dan tumbuh, itu menandakan  proses penyetekan berhasil. Dan Jangan lupa untuk tetap memantau pertumbuhan akar pohon tabebuya.

Pantau Pertumbuhan Budidaya Tabebuya Melalui Akar dan Jumlah Cabang

Lebih baik Anda memantau pertumbuhan akar dari batang tabebuya yang ditanam. semakin lama jumlah batang dan akar akan semakin banyak dan panjang.  Jika batang utama semakin tinggi Anda bisa memindahkan media tanamnya ke yang lebih besar dan luas agar tanaman bisa tumbuh lebih besar dan kuat.

Naah itulah beberapa langkah cara budidaya pohon tabebuya dengan metode stek, semoga bermanfaat ya..

Jika Anda sedang mencari bibit pohon tabebuya Anda bisa  konsultasikan dengan team ahli kami dengan menghubungi  menghubungi 081270753975 atau Anda bisa klik disini!

Baca juga :

Cara Memilih Bibit Pohon Tabebuya Bagi Pemula

7 rekomendasi pohon peneduh yang adem

 

Leave a Comment