3 Ciri Khas Pohon Tabebuya Mirip dengan Pohon Sakura

Pohon tabebuya menjadi cukup terkenal di Indonesia karena banyak yang mengira pohon ini seperti pohon sakura.  Pohon yang berasal dari brazil ini banyak yang menyebutnya dengan bunga terompet emas.

Pohon tabebuya memiliki nama ilmiah Handroanthus Chrysotricha  tersebar di indonesia ini  ternyata berbeda dari yang ada di Brazil. Tabebuya asli Brazil yang disebut  dengan nama Tabebuia Ochracea memang  mirip dengan tabebuya di Indonesia. Walaupun demikian banyak jenis yang juga tersebar di seluruh penjuru dunia.  

Pohon tabebuya rata-rata memiliki ketinggian yang sama 5-8 meter dan bahkan ketinggiannya bisa menjulang hingga 20 meter dengan lebar 8-11 meter. Umumnya pohon tabebuya raksasa tumbuh di hutan belantara yang tidak terjamah manusia seperti di hutan Amazon

Biasanya pohon tabebuya di Indonesia mempunyai bunga-bunga dengan warna kuning keemasan mencolok dengan panjang sekitar 3-11 cm, bergerombol, dan berbentuk terompet. Warna bunganya memesona membuat pohon tabebuya begitu populer  dan menjadi tanaman paling digemari karena mirip dengan pohon sakura di Jepang. 

Pohon tabebuya memiliki  beberapa warna mulai dari warna pink, ungu, putih, bahkan sampai merah tua yang memiliki bentuk seperti terompet. Perlu diketahui juga bahwa di Negara  Brazil tanaman tabebuya termasuk tanaman yang ada di hutan, sedangkan di luar Brazil, tabebuya jadi pohon perdu di tepi jalan dan juga taman. Pohon tabebuya bisa tumbuh subur di negara-negara dengan iklim tropis seperti Indonesia.  Dan apa si ciri-ciri yang bisa ketahui dari pohon tabebuya ini? 

Ciri-ciri pohon tabebuya yang membedakan dengan pohon sakura

1. Pohon Tabebuya memiliki daun yang tidak mudah rontok 

bibit pohon tabebuya pohon sakura
sumber – flamboyanasri

Hampir semua jenis tabebuya mempunyai  daun yang memiliki karakteristik tidak mudah rontok. Umumnya, daun tabebuya berbentuk bulat panjang dengan ukuran 5-10 cm dan lebar 2,5-5 cm. Daun pohon tabebuya  juga ada yang berwarna hijau gelap, majemuk beranak tiga hingga sembilan helai daun.

Baca juga : Budidaya Pohon Tabebuya Melalui Metode Stek Batang

2. Bunga pohon tabebuya bergerombol dengan motif garis berwarna ungu

sejarah pohon tabebuya yang mirip pohon sakura
sumber : pinterest

Menariknya pohon tabebuya  ini memiliki bunga yang beragam warnanya. Hingga sekarang, warna bunga tabebuya yang terkenal yaitu merah muda, kuning, magenta, plum, merah, putih, dan jingga. Ada berbagai spesies yang tersebar di seluruh dunia negara yang termasuk dalam genus handroanthus dan tabebuia. bunga tabebuya juga ada dengan motif garis warna ungu di dalamnya. Tentu ini berbeda dengan karakter bunga pohon sakura.

Saat musim semi,  tabebuya menghasilkan banyak bunga yang tidak putus sampai awal musim kemarau hingga menjelang musim hujan. Ini karena tabebuya termasuk dalam salah satu tanaman agresif. Selain itu laju pertumbuhannya termasuk cepat dan liar apabila dikendalikan dengan baik.

Dan sekarang mekarnya bunga tabebuya  bisa diatur melalui manipulasi pola pemupukan guna mengontrol pertumbuhannya.

 Baca juga : Cara Menyelamatkan Bibit Pohon Tabebuya yang Kekeringan

3. Pohon tabebuya memiliki batang yang keras dan akar yang tidak merusak

pohon sakura

Selain daun yang tidak mudah rontok dan bunga yang  sangat cantik, pohon tabebuya juga memiliki batang yang cukup keras serta akar yang tidak merusak bangunan di sekitarnya. Dengan habitat asli yang memiliki iklim kering, tidak heran apabila tanaman tabebuya mempunyai ketahanan hidup tinggi. Inilah kenapa tabebuya dijadikan tanaman penghijauan yang  sering dihadapkan pada kondisi minim penyiraman saat musim kemarau tiba. Tentu ini menjaid salah satu pembeda dengan pohon sakura.

Selain itu pohon tabebuya juga merupakan pohon hias populer yang dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah, di daerah tropis dan subtropis. Tidak hanya itu, tabebuya juga tanaman dengan pemeliharaan yang cukup mudah.

Anda cukup memangkas tabebuya untuk menghilangkan tangkai rusak atau mati. selain itu hampir tak ada hama atau penyakit yang akan mengganggu tanaman ini. 

Demikianlah informasi terkait ciri-ciri khas dari pohon tabebuya yang mirip dengan pohon sakura, menarik sekali bukan? Apakah Anda ingin menanam pohon tabebuya di Rumah Anda? atau apakah Anda malah tertarik untuk menanam pohon sakura?

Anda tidak perlu khawatir mau mendapatkan bibit di mana dan bagaimana cara menanamnya, semua hal tersebut bisa Anda konsultasikan dengan team ahli kami dengan menghubungi 081270753975 atau Anda bisa klik disini!

Baca juga :

Rahasia Membuat Bibit Bunga Tabebuya Cepat Tumbuh Besar

7 rekomendasi pohon peneduh yang adem

Leave a Comment