Macam Macam Pohon Palem Hias Untuk Dekorasi Taman!

Jika Anda berniat untuk mempercantik dekorasi taman. Ini dia macam macam pohon palem hias yang bisa jadi pilihan. Yuk temukan jawabannya di ulasan berikut ini! 

Macam Macam Pohon Palem Raja
Sumber : flickr.com

Bagi Anda yang memiliki pekarangan halaman yang luas, tidak ada salahnya  lho! jika menyulap suasana lingkungan rumah jadi lebih sejuk. Dengan mempercantik taman depan rumah dengan berbagai tanaman hijau yang menyegarkan. Bener ga? Bukan saja membuat tampilan hunian jadi makin Cantik. Memiliki taman pribadi yang menyejukkan juga bisa menjadi area berkumpul keluarga yang sangat menyenangkan disela sela kesibukan. Sesekali sambil ngeteh bersama sambil salin berbagi kesibukan. Apakah Anda tertarik mencobanya?

Bila Anda ingin melakukan dekorasi taman dalam waktu dekat. Sudah pasti Anda juga harus sudah mempertimbangkan jenis jenis pepohonan atau bunga yang ingin ditanam. Diantara banyak tanaman hias. Sebagai rekomendasi Anda bisa mencoba macam macam pohon palem untuk dekorasi taman. Selain mudah ditemukan, salah satu jenis tanaman yang cukup populer satu ini juga ga hanya bermanfaat mempercantik suasana taman. 

Tapi juga efektif sebagai pelindung sekaligus peneduh. Yang tentunya membuat suasana hunian jadi lebih menyenangkan bukan?Lebih dari itu, kegunaan pohon  palem juga bisa bisa diandalkan sebagai pemberi kesejukan saat musim kemarau, dan mampu menyerap banyak air saat musim hujan.Apakah Anda juga tertarik mencobanya? 

Namun sebelum mengetahui macam macam pohon palem yang sering dijadikan hiasan taman. Ada baiknya Anda juga mengetahui cara memilih tanaman hias untuk dekorasi taman sebagai pertimbangan. Selengkapnya berikut informasinya. 

 

Cara memilih tanaman hias yang cocok untuk taman

Sudah bukan rahasia umum lagi jika membuat taman sendiri bukanlah perkara yang mudah. Terlebih saat menentukan jenis jenis tanaman apa saja yang cocok untuk mengisi lahan pekarangan rumah. Mengingat tidak semua tanaman hias bisa tahan terhadap sengatan matahari langsung. Apakah Anda juga pernah memiliki pengalaman yang sama? Bagi Anda yang berniat untuk mewujudkan taman impian di pekarangan rumah. Ini die sederet pertimbangan yang bisa Anda perhitungkan sebelum membeli tanaman hias. 

 

Pilih tanaman hias yang memiliki daun lebat

Sebenarnya cara memilih tanaman hias yang cocok untuk taman cukup sederhana. Pertama kamu bisa pastikan dahulu seperti apa kondisi daunnya. Usahakan pilih tanaman hias yang memiliki daun tebal. Pasalnya semakin tebal daun dari tanaman yang kamu pilih, maka kemampuan untuk bertahan dari sinar matahari pun akan semakin kuat.

 

Raba permukaan daun

Cara memilih tanaman hias yang cocok untuk taman kedua, bisa dikenali dari permukaan daun tanaman itu sendiri. Setelah memastikan ketebalan daun, Anda juga bisa mencoba meraba permukaan daun. Jika kondisi permukaan daun tanaman hias terasa licin. Itu tandanya tanaman hias terbilang tahan dengan sengatan matahari. Sehingga sangat cocok untuk ditempatkan di area terbuka seperti taman ataupun pekarangan rumah. 

 

Baca juga : Manfaat Pohon Palem & Aneka Jenisnya yang Beragam!

 

Alasan pohon palem bagus untuk mempercantik taman

Macam macam pohon palem di halaman rumah
Sumber : Freepik

Aneka macam macam pohon palem yang beragam

Sudah bukan rahasia umum lagi, jika banyak sekali macam macam pohon palem yang bisa Anda jadikan pilihan untuk mempercantik taman. Dimana di setiap macam macam pohon palem mempunyai karakteristik khas tersendiri sendiri. Dengan berbagai ukuran, mulai dari yang kecil, besar sampai tinggi menjulang. Yang bisa Anda sesuaikan selera dan kebutuhan. 

 

Baca juga : Cara Merawat Pohon Palem Yang Benar! Dijamin Berhasil!

 

Tahan panas dan perawatan pohon palem relatif mudah

Dibanding jenis jenis tanaman hias lainnya. Ga dipungkiri perawatan pohon palem memang terbilang cukup mudah. Lantaran kemampuan adaptasi tanaman yang terbilang baik dalam menyesuaikan diri di daerah iklim tropis seperti Indonesia. Bagi Anda yang sedang mencari tanaman hias untuk dekorasi taman. Sudah tentu macam macam pohon  palem sangat cocok untuk menghiasi pemandangan. Karena kemampuannya bertahan terhadap sengatan cahaya matahari. Justru jika pohon palem tidak mendapat asupan sinar matahari yang cukup. Sudah tentu pertumbuhannya bisa terhambat. Terlepas apapun jenis nya

 

Pohon paling ramah lingkungan

Bukan sekedar sebutan belaka, manfaat pohon palem bagi lingkungan memang sangat banyak dampaknya. Selain ampuh menyerap berbagai jenis polutan dan meningkatkan kadar oksigen. Pohon palem juga memiliki kemampuan menyerap air 10 persen lebih banyak dibandingkan dengan tumbuhan lain. Sehingga bisa menjadi tanaman alternatif bagi Anda yang bertempat tinggal di daerah perkotaan yang rawan kebanjiran.  

 

Baca juga : Jenis Jenis Pohon Palem Yang Sering Jadi Peneduh Jalan!

 

Macam macam pohon palem untuk taman paling cocok

Berikut macam macam pohon palem yang bisa Anda jadikan pilihan. 

macam macam pohon palem
Sumber : Freepik

Pohon palem merah

macam macam pohon palem merah
Sumber : etsy.com

Diantara berbagai macam macam pohon palem, jenis pohon palem merah memang kerap dianggap keramat. Karena menurut tradisi Feng shui, filosofi pohon palem satu ini dianggap simbol pemberi keberuntungan dan keberkahan bagi pemiliknya. Selaras dengan warna merah pekat menyala pada bagian batangnya. 

Fyi, pohon palem merah atau sering disebut sebagai Cyrtostachys lakka merupakan salah satu pohon palem yang berasal  dari Kalimantan, Sumatra, Thailand, dan Semenanjung Malaya. Bukan saja unik, jenis pohon palem ini juga bisa tumbuh tinggi hingga 16 meter dengan bentuk rumpun yang saling menggerombol. 

 

Pohon palem kuning

macam macam pohon palem kuning
Sumber : target.com

Secara wujud fisik, tampilan pohon palem kuning atau Dypsis lutescens memang nyaris serupa dengan pohon palem merah. Hanya saja warna batangnya saja yang terlihat mencolok dengan Sama dengan warna hijau kekuningan dan pelepah berwarna kuning terang dan memiliki bentuk daun menyirip. 

Jika dibanding macam macam pohon palem lainnya.Ukuran palem kuning relatif lebih kecil dan ramping dibandingkan yang lainnya, sehingga akan cocok jika ditanam di pot yang besar. Pohon palem kuning juga cukup populer di berbagai kalangan. Bahkan sering dijadikan alternatif pengganti pohon palem merah. Karena harganya yang jauh lebih murah. 

 

Pohon palem jenggot

macam macam pohon palem jenggot
Sumber : bonanza.com

Coccothrinax crinita atau yang biasa disebut pohon palem jenggot. Merupakan salah satu jenis pohon palem yang langka dan banyak diminati. Jika dilihat dari dekat, serat warna putih keemasan yang dimiliki jenis pohon palem ini memang terlihat seperti jenggot kakek kakek yang mengulur panjang kebawah. Meskipun harga pohon palem jenggot cukup mahal. Karena bentuknya yang terbilang unik dan tak biasa.

 

Pohon palem phoenix

macam macam pohon palem phoenix

Sama seperti pohon palem jenggot, Jenis pohon palem satu ini cukup jarang didengar dan terbilang langka, sulit ditemukan. Spesies bernama latin Phoenix roebelenii merupakan tanaman yang berasal dari  Afrika Tengah . Yang memiliki tinggi maksimal 2-3 meter dengan panjang daun hingga 120 cm. Jika dibanding macam macam pohon palem lain, ukuran jenis pohon palem satu ini memang terbilang mini. Ga heran jika sering disebut pohon palem kurcaci. 

 

Pohon palem bismarkia silver

macam macam pohon palem silver

Bagi Anda yang sedang mencari jenis pohon palem untuk mempercantik tampilan taman. Sebagai rekomendasi, Anda bisa banget menjadikan pohon palem bismarkia silver sebagai pilihan yang patut dicoba. warna silver yang dimiliki daunnya, bukan hanya unik tapi juga mampu memberikan sentuhan berkelas bagi taman Anda. Ga heran jika harga pohon palem jenis ini terbilang cukup pricey dan digandrungi banyak kalangan. 

 

Pohon palem ekor tupai

macam macam pohon palem ekor tupai

Jika dilihat sekilas, tampilan pohon palem ekor tupai ,memang tak jauh berbeda dengan pohon palem raja yang terlihat kokoh dan tinggi menjulang. Perbedaan yang paling mencolok bisa dikenali dari dahannya. Yang ditumbuhi daun daun kecil mengitari tangkai daun dengan panjang sekitar 3 meter menjuntai ke bawah. Layaknya penampakan ekor tupai jika dilihat dari kejauhan.

 

Pohon palem sikas

pohon palem sikas

Bukan hanya memiliki tampilan yang indah, harga pohon palem sikas juga cukup stabil di angka yang tinggi. Karena jenisnya yang terbilang langka dan termasuk salah satu tanaman warisan zaman purba yang masih eksis sampai sekarang. Apakah Anda tertarik untuk membudidayakannya! 

 

Nah itu dia sederet macam macam pohon palem hias yang bisa Anda pilih untuk mempercantik taman! Biar hasilnya tidak mengecewakan, Anda bisa mulai dari pemilihan bibit macam macam pohon palem berkualitas. Yang bisa Anda dapatkan langsung disini dengan mudah. 

 

Leave a Comment